Sukses

Mahasiswa Solo Tolak RUU Perguruan Tinggi

Penolakan atas RUU Perguruan Tinggi terus bergulir di sejumlah kampus di Solo, Jawa Tengah. Berbagai elemen mahasiswa pun berunjuk rasa.

Liputan6.com, Solo: Puluhan mahasiswa berunjuk rasa menolak Rancangan Undang-undang (RUU) Perguruan Tinggi di Bundaran Gladak, Solo, Jawa Tengah, Senin (7/5). Mereka juga membentangkan sejumlah poster berisi kecaman.

Dalam orasinya, pendemo menuding pembahasan RUU tersebut sebagai upaya menghidupkan lagi undang-undang Badan Hukum Milik Negara yang dibatalkan Mahkamah Konstitusi. Mereka juga menuding RUU tersebut lebih berbahaya. Pasalnya, hal itu memberi kewenangan kepada perguruan tinggi untuk mengatur sepenuhnya kebijakan pembiayaan, yang  berujung pada komersialisasi pendidikan.

RUU itu juga dinilai menghapus peran dan kewajiban negara dalam penyelenggaraan pendidikan. Karenanya mahasiswa menuntut, agar pemerintah tidak lepas tangan. Tujuannya, agar pendidikan tetap bisa dinikmati semua warga negara.(ADI/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.