Sukses

September, Israel Bakal Gelar Pemilu

Israel diperkirakan akan menggelar pemilihan parlemen pada awal September setelah melihat Partai Likud berkuasa menerima tingkat dukungan yang tinggi.

Liputan6.com, Yerusalem: Israel diperkirakan akan menggelar pemilihan parlemen pada awal September setelah melihat Partai Likud berkuasa menerima tingkat dukungan yang tinggi. Pemilu nasional awalnya tidak akan digelar sampai 2013. Namun, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan, Ahad (6/4), empat bulan persiapan menjelang pemilu bisa dilakukan demi mencapai stabilitas politik.

Jajak pendapat yang dilakukan oleh media lokal menunjukkan bahwa Partai Likud akan memenangkan kursi lebih dari sekarang yang sudah diduduki seanyak 120 kursi legislatif. Netanyahu diyakini sengaja menggelar pemilihan lebih awal untuk mengambil keuntungan dari tingkat dukungan partainya yang tinggi.

Menteri Pertahanan Ehud Barak mengatakan pekan lalu, pemilihan awal tidak akan mempengaruhi sikap Israel yang menentang program nuklir Iran. Pemerintah menegaskan bahwa tidak akan ada pilihan pengecualian untuk menghentikan pengembangan nuklir Iran.

Jika Presiden AS Barack Obama memenangkan masa jabatan kedua dalam pemilihan November mendatang, Netanyahu sepertinya akan terus mendapat tekanan untuk berkompromi pada isu-isu seperti program nuklir Iran dan macetnya pembicaraan perdamaian Timur Tengah. (NHK/JAY/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini