Sukses

Menginap di Sekolah Demi UN

Di Ngawi, Jawa Timur, sebuah sekolah mengharuskan muridnya menjalani karantina dengan menginap di sekolah untuk menghadapi ujian nasional.

Liputan6.com, Ngawi: Banyak cara dilakukan pihak sekolah agar anak didiknya mampu mengerjakan soal ujian nasional dengan baik. Di Ngawi, Jawa Timur, sebuah sekolah mengharuskan muridnya menjalani karantina dengan menginap di sekolah. Cara ini telah dilakukan para murid kelas enam Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam di Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan, sejak empat bulan terakhir.

Belajar bersama di bawah bimbingan para guru memang dipilih para murid untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional yang dimulai Senin (7/5) ini. Selain belajar, para murid juga diajak untuk berserah diri dan memohon bimbingan dari Tuhan agar segenap upaya mereka akan membuahkan hasil yang manis nantinya.

Berpisah dengan orangtua demi menempa diri menghadapi ujian nasional memang sudah menjadi tekad anak-anak ini. Seorang murid mengaku senang bisa belajar bersama-sama dengan temannya, meski terkadang kalau terasa kangen pada keluarga dia hanya bisa menangis dan menunggu waktu kepulangan.

Selain mempelajari soal UN, para murid juga mendapat terapi motivasi untuk menambah semangat dan rasa percaya diri saat mengerjakan UN. Untuk mengurangi kejenuhan, pihak sekolah memperbolehkan murid melihat televisi khusus pendidikan. Metode ini sudah diterapkan sejak lama dan terbukti murid berhasil lulus UN dengan nilai memuaskan.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.