Sukses

Jepang Tidak Dukung Israel Menyerang Iran

Jepang tidak akan mendukung Israel yang ingin menyerang Iran. Alasannya, operasi militer Israel terhadap Iran justru akan memberikan Iran alasan kuat dalam melanjutkan program nuklirnya.

Liputan6.com, Yerusalem: Ambisi Israel untuk menyerang Iran akibat pengayaan uranium membuat Jepang berani mengambil sikap. Jepang tidak akan mendukung penyerangan Iran oleh Israel. Dalam sebuah kesempatan, Menteri Luar Negeri Jepang Koichiro Gemba telah mendesak Israel untuk tidak melancarkan serangan militer terhadap Iran.

Kantor Berita Jepang HNK, Rabu (2/5), mewartakan, Koichiro mengatakan, operasi militer Israel terhadap Iran justru akan memberikan Iran alasan kuat dalam melanjutkan program nuklirnya. Selain itu, operasi tesebut dikhawatirkan akan memicu gejolak di Timur Tengah dan seluruh dunia.

Penyataan Koichiro itu muncul saat kunjungannya ke Yerusalem, Israel. Jepang berencana untuk mengeksplorasi upaya diplomatiknya bersama-sama dengan masyarakat internasional untuk berbicara dengan Iran dalam masalah nuklir.

Koichiro juga bertemu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk membicarakan masalah tetsebut. Namun, Netanyahu mengatakan dia tidak ingin perang. Tetapi, jika Iran dibiarkan memiliki senjata nuklir maka pasar minyak akan jatuh ke dalam kekacauan yang lebih besar.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.