Sukses

Sepuluh Persen Siswa Butuh Subsidi Pendidikan

Sepuluh persen dari 58 juta siswa di Indonesia memerlukan subsidi pendidikan. Selain itu, penting juga mengadakan sekolah berstandar internasional, yang nantinya diharapkan mampu bersaing secara internasional.

Liputan6.com, Pekanbaru: Sepuluh persen dari 58 juta siswa di Indonesia memerlukan subsidi pendidikan. Demikian dikatakan perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Mukhlis Catio di Pekanbaru, Riau, Senin (30/4).

"Dari 58 juta siswa itu terdiri atas 8 juta siswa SLTA dan 50 juta siswa SD-SLTP. Jumlah itu nyaris menyamai jumlah penduduk Inggris Raya," kata Mukhlis. "Lebih dari 10 persen itu selayaknya mendapatkan subsidi pendidikan atau beasiswa, yang amat penting guna menghindari gambaran buruk masa depan bangsa ini."

Pemerintah, kata Mukhlis, memiliki beberapa upaya untuk mewujudkan jaminan kelangsungan pendidikan anak-anak bangsa itu, di antaranya memberikan beasiswa secara merata. Salah satu contoh, sebaiknya sebanyak 500.000 siswa dari delapan juta siswa SMA/sederajat diberikan beasiswa.

"Kemudian adalah mengadakan sekolah berstandar internasional, yang nantinya diharapkan mampu bersaing secara internasional," katanya.(Ant/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.