Sekolah Rusak, Siswa Belajar di Bawah Pohon

on

Liputan6.com, Bogor: Kondisi gedung sekolah yang roboh dimakan rayap membuat ratusan siswa Sekolah Dasar Negeri 04 Tenjo, Bogor, Jawa Barar, terpaksa belajar di bawah pohon halaman sekolah. Kebijakan pindah belajar di halaman terpaksa dipilih pihak sekolah karena melihat kondisi gedung yang sudh tak layak.

Gedung SD Babakan 04 yang dibangun sejak 1982 itu nyaris tak memiliki atap serta kaca. Memang letaknya ribuan kilometer dari pusat pemerintahan.

Pantauan SCTV, Senin (30/4), sungguh miris melihat ratusan siswa belajar sambil berjongkok di lantai beralaskan tanah dan tak beratap.Para siswa begitu bersemangat mengikuti pelajaran, meski dilakukan di ruang terbuka. Belajar seperti ini sudah mereka lakukan sejak awal tahun ajaran. Sesekali mereka mengeluh kepanasan.

Suminah, siswi SD mengaku, kondisi semakin parah jika hujan turun. Pihak sekolah dengan terpaksa akan meliburkan mereka agar murid-murid belajar di rumah.

Ruang kelas hanya diperuntukan  bagi siswa kelas  1 dan 2, itupun secara bergiliran. Pihak sekolah juga harus memutar otak memanfaatkan sisa dua ruang kelas yang ada. Krenanya kenyamanan belajar terpaksa dikorbankan.

Berdasarkan pantauan, tak terlihat ruang perpustakaan, ruang guru, dan juga toilet di bangunan sekolah ini. Sekolah tersebut memiliki siswa yang jumlah keseluruhannya mencapai 262. Dengan guru pengajar hanya sembilan orang saja.

Sobur Ruyat, guru SDN Babakan 04 mengatakan, hingga kini sekolah ini belum mendapatkan perhatian penuh dari dinas terkait. Walaupun pihak sekolah sudah berulang kali melaporkan kondisinya, namun belum pernah ada realisasinya.(MEL)
Suka artikel ini?

0 Comments