Sukses

Enduh, Kades Pembedah Rumah Warga

Enduh Nuhudawi, Kepala Desa Situ Udik, Bogor, Jawa Barat, membangun lebih dari 100 rumah sederhana untuk warganya.

Liputan6.com, Bogor: Enduh Nuhudawi, Kepala Desa Situ Udik, Bogor, Jawa Barat, membangun lebih dari 100 rumah sederhana untuk warganya. Niat yang tulus membawanya masuk menjadi kandidat peraih Liputan 6 Award 2012.

Ada pengalaman yang sangat membekas dalam hati Enduh tatkala bertemu seorang nenek di depan rumah. Kondisi nenek yang memilukan hatinya, menggugah hati Enduh untuk bertindak. Ia bersama para pemuda, tokoh masyarakat dan agama setempat mengumpulkan dana secara swadaya.

Ide Enduh disetujui banyak tokoh masyarakat. Walau mewujudkan sebuah ide baru tidak selalu mudah. Sejumlah tantangan dihadapi, terutama dalam hal kepercayaan dan pengelolaan dana secara tepat. Namun semangatnya yang tak pernah surut, membuat ayah dua anak ini semakin giat menyebarkan ide perbaikan rumah bagi warga desa.

Sejak program mulianya dimulai sekitar empat tahun lalu, tanpa terasa warga berhasil mengubah 118 rumah yang dianggap tidak layak huni menjadi rumah sehat sederhana. Tak hanya itu, seluruh jalan lingkungan di 43 RT diperbaiki dengan paving block hingga tak terlihat becek saat hujan.

Kegiatan mulia Enduh Nuhudawi bersama warga desanya tak luput dari pengamatan sejumlah kalangan. Tahun 2010, ia dinobatkan sebagai kepala desa teladan, menyingkikan sekitar 5.200 kepala desa di Provinsi Jawa Barat.

Kini Desa Situ Udik telah menjadi desa percontohan. Banyak pemimpin daerah lain datang menimba ilmu di tempat tersebut. Bukan hanya dari daerah-daerah di Indonesia, tapi juga dari sejumlah daerah di Malaysia.(ALI/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.