Sukses

Mesir Akan Hentikan Impor Gas Alam ke Israel

Mesir akan menghentikan ekspor gas alam ke Israel. Penghentian itu diyakini karena konflik anatara Mesir dan Israel tengah terjadi.

Liputan6.com, Kairo: Mesir akan menghentikan impor gas alam ke Israel. Penghentian itu diyakini karena konflik anatara Mesir dan Israel tengah terjadi. Namun, perusahaan pengimpor minyak itu menyatakan jika keputusan itu terjadi karena masalah ekonomi.

Dr Ayman Abdel-Hameed Jaheen, manajer di perusahaan itu menganggap penghentian impor cuma konflik bisnis. "Tidak ada dimensi politik dalam masalah ini," ucap Jaheen, belum lama ini.

Kesepakatan gas ke Israel pada awalnya diprakarsai badan intelijen dan kantor presiden. Hal itu dianggap sebagai masalah keamanan nasional. Akibatnya beberapa analis percaya kesepakatan itu tak mungkin berakhir tanpa campur tangan keputusan Dewan Angkatan Bersenjata. Keputusan itu disambut baik rakyat Mesir.

Opini publik Mesir sebagian besar tak menyetujui Mesir mengimpor gas alam ke Israel. Namun, pada 2008 sejak mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak menyetujuinya, rakyat Mesir tak bisa berbuat apa-apa.

Namun, pada 2010, Mahkamah Agung memerintahkan pemerintah saat itu untuk mengakhiri kesepakatan. Hal itu karena harga gas yang diimpor jauh lebih rendah dari harga internasional pada saat itu.(Xinhua/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.