Sukses

Anto Bagus, Dokter Gigi Kalangan Tak Mampu

Kesibukan dan kemapanan tidak membuat Dokter Gigi Anto Bagus merasa puas. Ia menciptakan penutup celah pada langit-langit mulut nonpermanen bagi penderita pasien bibir sumbing dan kerusakan langit-langit mulut.

Liputan6.com, Mojokerto: Kesibukan dan kemapanan tidak membuat Dokter Gigi Anto Bagus, kandidat peraih Liputan 6 Awards 2012, merasa puas. Ia menciptakan penutup celah pada langit-langit mulut nonpermanen bagi penderita pasien bibir sumbing dan kerusakan langit-langit mulut.

Kreativitas sang dokter gigi bermula dari perhatiannya kepada penderita bibir sumbing dan cacat lubang pada langit langit mulut dari keluarga tidak mampu. Menurut, selama ini bantuan lebih banyak diberikan kepada penderita bibir sumbing oleh berbagai pihak, tetapi tidak kepada penderita kerusakan pada langit-langit mulut .

Maka, Anto Bagus pun mengutak-atik obsturator permanen yang ada, agar dapat lebih fleksibel dan membantu penyandang cacat dari kalangan tidak mampu.

“Yang terpenting adalah adanya alternatif dalam penanganan kasus lubang pada langit langit mulut,” kata  Anto Bagus. “Bahkan, saya dianggap mengada-ada.”

Tetapi dukungan dari keluarga menjadi salah satu pendorongnya. “Bahkan, kami memberikannya secara gratis bagi pasien yang tidak mampu,” kata Wilis P Anggraini, istri Anto Bagus.

Kini , banyak penyandang cacat sumbing dan lubang pada langit mulut berdatangan untuk mendapatkan alat obsturator nonpermanen. Selama ini, Anto Bagus juga dibantu Yayasan Cleft Care di Surabaya, Jawa Timur.

Atas upayanya yang tidak kenal lelah, sejumlah penghargaan diperoleh Anto Bagus. Tetapi yang terpenting bagi Dokter Gigi Anto Bagus adalah jerih payahnya dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan.(SHA)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini