Sukses

Mendikbud Jamin Tidak Ada Kebocoran Soal

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhamad Nuh menjamin tidak ada kebocoran soal pada ujian nasional tingkat SMP dan sederajat.

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhamad Nuh menjamin tidak ada kebocoran soal pada ujian nasional tingkat SMP dan sederajat yang digelar mulai Senin (23/4) ini. Karena itu, ia meminta para siswa agar lebih percaya diri dan tidak tergoda dengan lembar jawaban yang beredar. Pernyataan itu disampaikan Mendikbud saat mengunjungi sejumlah SMP di Jakarta.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kecurangan, pihak SMP Negeri 4 Depok, Jawa Barat, meminta para siswa menyerahkan telepon genggam miliknya. Para guru pun memberikan pengarahan, agar siswa dapat melaksanakan ujian dengan baik dan jujur karena pihak sekolah yakin kemampuan siswa. 

Menurut guru di sekolah itu, Saragih, keberadaan ponsel dilarang dalam pelaksanaan ujian nasional. Selain itu, ponsel juga dapat mengganggu konsentrasi para siswa.

Di SMP Negeri 3 Depok, pengawasan UN dibantu dengan kamera pemantau (CCTV) yang dipasang di tiap sudut ruang ujian. Para guru pengawas atau panitia ujian dapat langsung memantau pelaksanaan ujian lewat layar monitor.

Tahun ini, sebanyak 20.358 siswa tingkat SMP di Depok melaksanakan ujian nasional. Jumlah tersebut terdiri 16.555 siswa SMP dan 4.003 siswai MTs.(ALI/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini