Sukses

Persiapan Ujian, Berdoa Hingga Ziarah Kubur

Berbagai cara dilakukan siswa untuk menghadapi ujian nasional. Mulai dari belajar keras hingga terapi anti-takut. Mulai dari sekadar berdoa hingga mendatangi makam.

Liputan6.com, Probolinggo: Sebanyak 300 siswa madrasah tsanawiyah di Probolinggo, Jawa Timur, mengikuti istighosah, Ahad (22/4). Acara tersebut diyakini sebagai terapi anti-takut menjelang diselenggarakannya ujian nasional esok.

Dengan khusyuk para santri membacakan wirid dan zikir sebagai bagian dari doa bersama. Secara khusus mereka juga berdoa agar terhindar dari kekhawatiran dan rasa takut saat menghadapi ujian.

Tingginya standar kelulusan membuat banyak siswa khawatir tak mampu memenuhinya. Itu sebabnya para siswa harus mendapatkan suntikan moral dengan cara berdoa.

Lain lagi yang dilakukan sejumlah siswa di Jombang. Mereka mendatangi makam Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Mereka datang tak hanya dari Jombang atau Jatim tetapi juga dari banyak daerah. Dipimpin gurunya masing-masing, para siswa membaca wirid dan ayat-ayat Alquran.

Ujian nasional tingkat SMP digelar mulai besok hingga Kamis mendatang. Mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Ujian susulan digelar 30 April dan awal Mei mendatang.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini