Sukses

Pelajar Janji Kerjakan UN dengan Jujur

Mulai Senin besok murid kelas 3 SMP dan Madrasah Tsanawiyah menghadapi ujian nasional. Para pelajar mengucapkan sumpah akan menjalani ujian nasional dengan jujur.

Liputan6.com, Garut: Ratusan murid SMP Negeri 2 Garut, Jawa Barat, tak kuasa menahan tangis. Mereka tak bisa menahan haru ketika bersama-sama memanjatkan doa memohon pada Tuhan agar diberi kemudahan saat melaksanakan ujian nasional mulai Senin besok.

Doa bersama ini memang digelar untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa dalam menghadapi ujian. Dalam acara itu, pemimpin doa mengingatkan para siswa untuk jujur saat ujian.

Keharuan juga dirasakan ratusan murid SMP Negeri 2 Ciamis saat mengikuti doa bersama menyambut ujian nasional. Sebagian menumpahkan tangis dalam pelukan orangtua, meminta maaf atas segala salah, dan memohon didoakan agar lulus ujian.

Sementara itu, para murid SMP Pius di Cilacap, Jawa Tengah, bertekad akan berbuat jujur saat mengerjakan soal ujian nasional meski sulit. Untuk menunjukkan tekad, mereka menandatangi kontrak kejujuran dan mengucapkan sumpah tidak berbuat curang dalam ujian, seperti menyontek.

Ujian nasional tingkat SMP dan Madrasah Tsanawiyah sederajat digelar mulai besok hingga Kamis mendatang. Mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Ujian susulan digelar 30 April dan awal Mei mendatang.(IAN) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini