Sukses

AL Rusia dan Cina Gelar Latihan Bersama

Kawasan Laut Kuning di perairan Cina akan menghangat menjelang akhir April ini. Satu gugus tugas Angkatan Laut Rusia tiba di pangkalan angkatan laut Qingdao di Provinsi Shandong, Cina timur, Sabtu (21/4).

Liputan6.com, Qingdao: Kawasan Laut Kuning di perairan Cina akan menghangat menjelang akhir April ini. Satu gugus tugas Angkatan Laut Rusia tiba di pangkalan angkatan laut Qingdao di Provinsi Shandong, Cina timur, Sabtu (21/4). Kedatangan kapal perang Rusia tersebut dalam rangka program latihan tempur bersama 22-27 April.

Gugus tugas yang terdiri dari empat kapal perang dari AL Rusia armada Pasifik dan tiga kapal pasokan telah meninggalkan pangkalannya di Vladivostok, 15 April lalu. Kapal perang Rusia yang hadir di antaranya, Varyag Armada Pasifik. Satu kelas Slava dipandu rudal jelajah, Marsekal Shaposhnikov, Laksamana Penteleyev, dan Admiral Vinogradov, serta tiga kapal perusak kelas Udaloy.

Menurut kementerian pertahanan Cina, latihan tempur tersebut akan fokus pada sendi pertahanan udara maritim, taktik antikapal selam, pencarian dan penyelamatan maritim, serta upaya penyelamatan bersama dari kapal pembajak.

Sementara itu, AL Cina akan mengirim kapal permukaan termasuk 16 kapal perusak, frigat, kapal dukungan dan rumah sakit, serta dua kapal selam. Kedua angkatan laut Rusia dan Cina juga melibatkan pesawat tempur dan unit pasukan khusus antiteror.

Sejak 2005 Cina dan Rusia beberapa kali menggelar latihan militer bersama dalam kerangka Organisasi Kerjasama Shanghai. (ANT/Xinhua-OANA/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.