by

BMKG: Indonesia Seperti Showroom Bencana Alam

178581
  • Sosial & Budaya
  • 0
  • Jumat, 20 April 2012 14:31
Liputan6.com, Medan: Indonesia dapat disebut seperti showroom (ruang pamer) bencana alam karena memiliki semua jenis potensi peristiwa alam yang bisa menimbulkan kerusakan. "Semua jenis bencana ada di sini," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I Medan Herry Saroso di Medan, Sumatra Utara, Jumat (20/4).

Sebagai negara yang ada di atas lempengen bumi, Indonesia sangat berpeluang mengalami gempa dengan kekuatan yang bervariasi. Keberadaan gempa tersebut tidak jarang disertai ancaman tsunami karena Indonesia juga merupakan negara bahari yang memiliki pinggiran pantai yang sangat penjang.

Namun, sebagai negara agraris, Indonesia juga memiliki ancaman banjir karena berpeluang menerima curah hujan yang cukup lebat. Karena itu, kata dia, tidak mengherankan jika Indonesia sering dianggap sebagai "showrom" bencana alam. "Mulai tsunami, gempa, kekeringan, banjir, hingga panas, semuanya ada," katanya.

Pernyataan hampir serupa disampaikan Pelaksana Tugas Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho dalam amanatnya yang dibacakan Kepala Dinas Sosial Sumut Robertson. Menurut Gatot, sebagai provinsi yang berada di bagian barat Indonesia, Sumut termasuk daerah rawan bencana, baik karena faktor alam mau pun nonalam.

Berbagai jenis bencana alam tak hanya menimbulkan kerugian materiil, namun juga korban jiwa. Untuk itu, pihaknya mengharapkan Badan SAR Medan memiliki kesiapan penuh, baik memberikan pertolongan ketika bencana maupun mencari korban jiwa. "Indikator keberhasilan SAR adalah korban dapat diselamatkan sebanyak-banyaknya dan korban jiwa dapat dieliminir," katanya.(ANT/JUM)
Comments
Sign in to post a comment