Sukses

Warga Lopok Sweeping Kegiatan PTNNT

Warga Lopok, Kabupaten Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat mengelar sweeping terhadap kegiatan PT Newmont Nusa Tenggara. Massa yang menamakan diri Forum Masyarakat Anti Tambang juga memblokade jalan provinsi.

Liputan6.com, Sumbawa Besar: Warga Lopok, Kabupaten Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat mengelar sweeping terhadap kegiatan PT Newmont Nusa Tenggara. Massa yang menamakan diri Forum Masyarakat Anti Tambang juga memblokade jalan provinsi, lintas Sumbawa-Bima. Mereka kecewa terhadap PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) yang dianggap melanggar kesepakatan bersama.

Dalam persoalan ini warga Lopok menuntut wilayah mereka masuk dalam wilayah terdampak PT Newmont Nusa Tenggara. Tuntutan lain mereka harus mendapatkan dana alokasi khusus untuk kegiatan sosial, pendidikan, dan pemberdayaan warga di Kecamatan Lopok. Warga juga menuntut rekrutmen tenaga lokal yang dipisahkan dengan non-lokal.

Akibat blokade aktivitas jalan provinsi lumpuh total hingga puluhan kilometer. Para pengendara sepeda motor yang hendak keluar masuk wilayah Sumbawa Besar dan Bima-Dompu terpaksa harus mencari alternatif jalan lain. Sedangkan bus, truk, dan mobil pribadi banyak yang memilih menghentikan perjalanan.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.