Sukses

Joko Suyanto: Sudomo Patut Dihormati

Menkopolhukam Djoko Suyanto mengajak semua untuk melihat sisi baik dari sosok Sudomo. Menurutnya, tokoh Indonesia selalu ada kontroversi.

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Djoko Suyanto menilai sosok Sudomo yang pernah menjadi menteri di era Orde Baru merupakan tokoh pergerakan di Indonesia.

"Tokoh Indonesia selalu ada kontroversi. Namun, mari kita lihat mana yang baik yang dilakukan beliau," kata Djoko usai melayat almarhum Sudomo, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (18/4). Menurut Djoko, Sudomo sebagai tokoh di Indonesia telah mewarnai kehidupan bangsa.

Sementara, di tempat yang sama, Kapuspen Mabes TNI, Iskandar Sitompul berpendapat, Sudomo memiliki jasa yang sangat banyak kepada Indonesia. Salah satunya Operasi Mandala dalam membebaskan Irian Barat pada 1960-an.

"Jasa-jasanya di Angkatan Laut dan negara sangat banyak sekali. Ide-ide beliau sangat cerdas dan bisa membuat perubahan. Kita harus melihat itu. Semuanya dikerjakan secara tuntas, tidak setengah-setengah," katanya.

Itu sebabnya, kata Iskandar, TNI AL turut berduka atas kepergian eks Pangkopkamtib itu. Kepada keluarga, kata Iskandar, semoga diberi ketabahan. (ALI) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.