Sukses

Sterilkan Kelas dengan Gembok

Pengawasan ketat diberlakukan untuk menghindari terjadinya kecurangan selama UN. Contohnya di SMA Negeri II Depok, Jawa Barat, kelas digembok sebelum siswa diperkenankan masuk.

Liputan6.com, Depok: Ujian Nasional (UN) untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) digelar serempak. Pengawasan ketat diberlakukan untuk menghindari terjadinya kecurangan. Contohnya di SMA Negeri 2 Depok, Jawa Barat, kelas digembok sebelum siswa diperkenankan masuk.

Para siswa baru diperkenankan masuk ruangan setelah pengawas ujian membukanya. Siswa juga diminta mengumpulkan telepon genggam, sebelum memasuki ruang ujian. Meski untuk memastikan ujian berlangsung tertib dan aman, beberapa siswa justru merasa tegang, Senin (16/4).

Sementara di SMA Negeri 3 Purwakarta, para siswa memanfaatkan waktu yang tersisa untuk belajar, sebelum ujian dimulai. Untuk menghidari kecurangan, para siswa juga diminta mengumpulkan telepon genggam miliknya.

Sementara di Kediri, lantaran diduga tersangkut kasus peredaran narkoba, seorang siswa terpaksa mengikuti ujian di Markas Polres Kediri Kota. Untuk membantu mempersiapkan ujian, Polres Kediri memberikan sejumlah buku sebagai bahan belajar.

Di kawasan Timur Indonesia yang menggelar ujian lebih dulu, pelaksanaan ujian berlangsung aman dan lancar. Di Ambon, hingga selesai tidak ditemukan adanya kendala selama pelaksanaan ujian.

UN di Makassar, Sulawesi Selatan, juga berlangsung lancar. Pelaksanaan ujian mendapat penjagaan ketat. Para siswa diminta menyerahkan telepon genggam sebelum memasuki ruang ujian. Selain itu pengawasan juga dilakukan dengan menggunakan kamera pengawas hingga area toilet untuk menghindari terjadinya kecurangan.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini