Sukses

PMI Respons Gempa di Aceh

PMI menggerakkan sejumlah relawannya ke Aceh dan wilayah lainnya yang di Pulau Sumatra yang terkena dampak gempa bumi. Relawan juga sudah mulai mendata kerusakan bangunan dan korban jiwa.

Liputan6.com, Jakarta: Palang Merah Indonesia (PMI) telah menggerakkan relawan ke Aceh, Sumatra Barat, Sumatera Utara, Bengkulu dan Lampung. Ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap gempa 8,5 SR yangmenggoyang Pulau Simeulue, Aceh, Rabu (11/4) petang.
 
Kepala Divisi Penanggulangan Bencana Markas Pusat PMI, Arifin Muhammad Hadi mengatakan, para relawan juga sudah mulai mendata kerusakan bangunan dan korban jiwa.
 
"Untuk membantu warga yang terkena dampak gempa, PMI juga tengah menyiapkan barang-barang bantuan yang siap didistribusikan dari Gudang Regional PMI di Sumatra Barat, jika sewaktu-waktu dibutuhkan," kata Arifin dalam rilis yang diterima Liputan6.com.
 
Ia menambahkan, saat ini, para relawan PMI sudah turun ke jalan untuk menenangkan warga yang panik akibat gempa. "Sebagian relawan juga memantau ketinggian air di daerah pesisir di Banda Aceh," jelasnya.
 
Di Padang, markas PMI Sumbar sudah menyiagakan lima unit ambulans dan tim pertolongan pertama untuk membantu warga yang membutuhkan. PMI masih terus memantau sejumlah daerah pesisir di lima provinsi. Di antaranya Pesisir Selatan dan Mentawai (Sumatra Barat), Simelue, Banda Aceh, Aceh Besar, Calang, Tenom, dan Lamno (Aceh), Nias dan Sibolga (Sumatra Utara), Lampung Barat (Lampung), Kabupaten Bengkulu Utara, Kota Bengkulu, dan Bengkulu Selatan (Bengkulu).(ASW/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini