Sukses

PBNU Membantah Tuduhan Gus Dur

Ketua Umum PBNU Hasyim Muzadi membantah tudingan pihaknya menerima Rp 3 miliar untuk mempertemukan Gus Dur dengan Megawati. Shalahuddin Wahid menyesalkan tuduhan itu.

Liputan6.com, Jakarta: Pengurus Besar Nahdlatul Ulama membantah tuduhan Abdurrahman Wahid bila PBNU menerima Rp 3 miliar untuk mengatur pertemuan bekas presiden ke-4 Indonesia itu dengan Megawati Sukarnoputri. "Baik PBNU maupun Partai Kebangkitan Bangsa tak pernah menerima dana itu," kata Ketua Umum PBNU Hasyim Muzadi di Jakarta, Sabtu (27/7).

Hasyim menjelaskan, pertemuan antara keduanya dalam Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konfrensi Besar PBNU bukan rekayasa [baca: Konflik Megawati-Gus Dur Berlarut]. Ia juga mengatakan, tak ada pihak manapun yang memberikan dana untuk pertemuan keduanya.

Ketua PBNU Shalahuddin Wahid juga menyayangkan ucapan Gus Dur. Terlebih, abangnya itu tak pernah mengkonfirmasikan masalah ini dengan PBNU. Padahal, menurut Gus Soleh--biasa Shalahuddin disapa--data yang diterima Gus Dur dari seorang fungsionaris PKB itu belum tentu benar.

Memang, beberapa hari silam seusai menghadiri Munas Alim Ulama dan Konfrensi Besar PBNU, Gus Dur mengungkapkan, pertemuannya dengan Megawati sudah diatur. Bahkan, terang-terangan Gus Dur mengatakan, PKB dan PBNU disogok untuk keperluan ini.(ICH/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.