Sukses

AS Desak Cina Bujuk Korut Batalkan Roket

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Victoria Nuland mengatakan akan terus meminta negara-negara yang dekat dengan Korut, termasuk Cina untuk membatalkan peluncuran roket Korut.

Liputan6.com, Wahington DC: Amerika Serikat mendesak Cina agar membujuk Korea Utara untuk menghentikan peluncuran roket. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Victoria Nuland mengatakan akan terus meminta negara-negara yang dekat dengan Korut, termasuk Cina untuk membatalkan rencananya tersebut.

Pasalnya, bagi AS dan para sekutunya, peluncuran roket Korut akan membahayakan dunia dan merupakan pelanggaran atas resolusi Dewan Keamanan PBB. "Peluncuran roket Korea Utara sangat provokatif dan akan menimbulkan ancaman bagi keamanan regional," kata Nuland seperti dilansir VOA News, Selasa (10/4).
 
Dalam sebuah komentar terhadap aksi Jepang untuk memasang rudal penangkal roket Korut, Nuland menyatakan bahwa hal itu sah-sah saja, karena  setiap negara mempunyai hak untuk mempertahankan dirinya [baca: Jepang Pasang Rudal Tangkal Roket Korut].
 
 
Dalam menghadapi ancaman Korut terhadap dunia, AS pun pernah menawarkan bantuan pangan kepada Pyongyang. Namun, tawaran tersebut lansung dibatalkan usai Korut mengumumkan peluncuran roketnya di antara 12 dan 16 April mendatang.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.