Sukses

AS Luncurkan Kapal Amfibi Baru

Angkatan Laut AS akan menempatkan kapal amfibi terbarunya di Pangkalan Sasebo, Jepang. Kapal ini akan menggantikan USS Essex.

Liputan6.com, Nagasaki: Angkatan Laut AS meluncurkan kapal amfibi terbarunya yang akan ditempatkan di Pangkalan Sasebo di Prefektur Nagasaki, barat Jepang. Kapal USS Bonhomme Richard seberat 45.000 ton itu, tiba di Sasebo Senin (9/4), dan akan menggantikan kapal amfibi USS Essex sebagai pendahulunya.

Begitu besarnya kapal pengganti tersebut, bahkan diperkirakan mampu membawa pesawat transportasi Marinir MV-22 Osprey, yang akan ditempatkan di Okinawa akhir tahun ini.

Ospreys sendiri telah jatuh berulang kali selama pengembangan dan mereka juga menyebabkan polusi suara. Korps Marinir AS berencana memulai pemindahan tempat pendaratan pesawat itu, di Stasiun Udara Futenma di Okinawa pada Oktober. Namun, penduduk setempat yang bermukim di sekitar lapangan udara menentang rencana itu.(NHK/IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.