Mengenal Budaya Indonesia Lewat Permainan Tradisional

  • Citizen6
  • 0
  • 08 Apr 2012 18:00
Citizen6, Bandung: Indonesia memiliki beragam permainan tradisional yang unik. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki permainan tradisional masing-masing yang berbeda satu dengan lainnya. Sayangnya, tak banyak orang atau kelompok yang peduli dengan pelestarian dan pengembangan budaya permainan tradisional itu.

Salah satu dari sedikit kelompok yang peduli itu adalah Komunitas Hong. Komunitas yang biasa disebut sebagai KomHong adalah sebuah komunitas yang aktif mengembangkan dan memperkenalkan berbagai macam permainan tradisional kepada masyarakat Indonesia.

Komunitas ini diprakarsai oleh Mohamad Zaini Alif, yang peduli terhadap budaya Indonesia, yang selama ini semakin terpinggirkan. Komunitas Hong bertempat di Kota Bandung, tepatnya di Jalan Bukit Pakar Utara. Komunitas ini secara konsisten memperkenalkan berbagai jenis permainan tradisional kepada masyarakat yang datang dari berbagai daerah maupun wisatawan asing yang sedang berlibur.

Tujuan dari komunitas ini adalah semata-mata memperkenalkan budaya bangsa Indonesia melalui permainan tradisional yang selama ini semakin hari semakin tergeserkan oleh perubahan zaman. Dengan permainan tradisional ini diharapkan masyarakat Indonesia maupun wisatawan asing yang berkunjung akan mengetahui karakter salah satu budaya Indonesia, demikian diungkapkan Kang Zaini (Pendiri KomHong) dalam acara kunjungan social community oleh IYCS 2012 Februari lalu. (Pengirim: Febri Samuel)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler