Ratusan Pemberontak Suriah Menyerahkan Diri

  • Internasional
  • 0
  • 08 Apr 2012 10:00
Liputan6.com, Damaskus: Sebanyak 335 pemberontak yang menjadi buronan menyerahkan diri ke pihak berwenang di provinsi utara Idlib, Suriah. Hal ini terjadi di tengah aksi kekerasan terbaru di wilayah Suriah lainnya. Demikian laporan kantor berita SANA, Sabtu (7/4) waktu setempat.

Belakangan ini, Provinsi Idlib menjadi salah satu medan pertempuran utama antara pasukan pemberontak dan pemerintah. Bentrokan di Idlib, yang terletak di perbatasan dengan Turki, terpaksa membuat ribuan warga Suriah melarikan diri ke Turki.

Menurut sumber informasi kepada Xinhua, pasukan pemerintah juga mengusir sebagian besar pemberontak di Idlib. Namun mereka masih bertempur dengan para pejuang yang tersisa di daerah utara.

Pekan lalu Suriah mengumumkan persetujuan rencana perdamaian enam poin yang ditujukan untuk gencatan senjata oleh Kofi Annan, utusan khusus PBB-Liga Arab untuk Suriah. Namun, Suriah juga meminta jaminan tertulis bahwa kelompok-kelompok pemberontak akan merespons sesuai dengan janji pemerintah.

Rencana enam poin Annan itu termasuk menyerukan penarikan senjata berat dan pasukan dari daerah-daerah berpenduduk, menghentikan pertempuran dua jam setiap harinya untuk pengiriman bantuan kemanusiaan dan pengobatan yang terluka, serta melakukan pembicaraan antara pemerintah dan oposisi. (Xinhua/ULF)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler