by

Dunia Sambut 100 Tahun Tenggelamnya Titanic

  • Internasional
  • 0
  • 07 Apr 2012 12:50
Liputan6.com, Jakarta: Tragedi tenggelamnya kapal Titanic di Samudra Atlantik merupakan peristiwa besar yang akan selalu dikenang dunia. Menjelang 100 tahun karamnya kapal yang genap pada tanggal 15 April itu, serangkaian acara diadakan di berbagai negara.

Film Titanic yang meledak di tahun 90-an dan menyabet 11 piala Oscar itu akan kembali diputar pada pertengahan 14 April mendatang. Kali ini, film yang disutradarai James Cameron tersebut akan memuaskan pecinta film dengan versi 3D. Adapun pemutaran perdana film ini telah dilangsungkan Selasa dua pekan lalu di London, Inggris.

Selain film, beberapa artefak dan memorabilia Titanic pun dilelang. Di Amerika Serikat, rumah lelang terkemuka--GUERNSEY'S New York melelang sekitar 5.500 artefak peninggalan bangkai kapal Titanic, seperti sarung tangan, botol parfum, piring keramik, peralatan makan, dan cincin bermahkotakan tiga berlian.

Koleksi-koleksi yang akan dilelang diperkirakan akan terjual lebih dari US$ 189 juta atau sekitar Rp 1,7 triliun. Sementara di Inggris, menu makan siang di kapal mewah Titanic telah terjual seharga lelang sebesar Rp 1,1 miliar.

Di Irlandia, sebuah tempat wisata Titanic Belfast Centre dibuka di Kota Belfast, Irlandia Utara. Pemerintah Irlandia telah meresmikan museum yang berbentuk seperti lambung kapal Titanic tersebut akhir Maret lalu. Di samping gedung yang terbuat dari 3.000 panel aluminium itu, terdapat tempat peluncuran kapal oleh galangan kapal Harland dan Wolff seabad yang lalu.

Pengunjung dapat melihat bentuk konstruksi yang menarik. Selain itu juga bisa menikmati perjalanan interaktif serta menyaksikan pemutaran film dokumenter tentang keberadaan kapal yang kini terbaring di dasar Samudra Atlantik.(RZK/ULF)
Comments
Sign in to post a comment