Sukses

India Miliki Kapal Selam Nuklir

Angkatan Laut India secara resmi memiliki sebuah kapal selam bertenaga nuklir yang dibeli dari Rusia dengan harga US$ 1 juta.

Liputan6.com, New Delhi: Angkatan Laut India secara resmi memiliki sebuah kapal selam bertenaga nuklir yang dibeli dari Rusia dengan harga US$ 1 juta. Kapal selam yang diserahkan Rusia kepada India itu akan dicicil pembayarannya selama 10 tahun ke depan. Demikian dilansir BBC Indonesia, Rabu (4/4).

Dengan kapal selam nuklir ini, India kembali ke jajaran elite negara-negara yang memiliki persenjataan nuklir. Negara-negara yang memiliki kapal selam nuklir adalah Amerika Serikat, Cina, Rusia, Inggris dan Prancis.

Sebelumnya India juga pernah mengoperasikan kapal selam nuklir bertenaga nuklir juga buatan Rusia hingga 1991. Dan saat ini India tengah mengembangkan kapal selam nuklir buatan dalam negeri yang diharapkan selesai dibangun akhir tahun ini.

Kapal selam kelas Akula II berbobot mati 8.140 ton itu dibangun di Rusia dan awalnya diberi nama K-152 Nerpa. Kemudian nama itu menjadi INS Chakra II setelah bergabung dengan AL India. Kapal selam itu diserahkan ke Angkatan Laut oleh Menteri Pertahanan India AK Antony dalam sebuah upacara militer di Vishakhapatnam, Bengal.

Setelah bergabung dengan AL India, kapal ini akan diawaki 80 orang pelaut yang dipimpin Kapten P Ashokan. Kapal selam yang berlayar dari pelabuhan Vladivostok, Rusia 40 hari lalu itu kini menjadi kebanggan militer India. Namun demi menyesuaikan dengan perjanjian anti persenjataan nuklir INS Chakra II tidak akan membawa persenjataan nuklir. Kapal itu hanya akan membawa misil biasa.

Keberadaan INS Chakra II diharapkan bisa memberikan keuntungan dalam operasi-operasi Angkatan Laut India. Kapal selam ini mampu menyelam selama tiga bulan tanpa harus khawatir kehabisan bahan bakar. Rusia dikenal sebagai sekutu lama India dimana 70 persen persenjataan India dipasok dari Rusia.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini