Ingin Berbisnis Burung Kenari? Ini Sekolahnya

  • Sosial & Budaya
  • 0
  • 04 Apr 2012 07:30
Liputan6.com, Yogyakarta: Burung kecil seperti kenari dan love bird ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Warnanya yang sangat indah dan kicaunya yang merdu membuat burung-burung kecil ini sangat diminati. Tak ayal harganya pun bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupiah per ekor. Sayangnya meski permintaan sangat tinggi hingga kini belum banyak orang yang bisa mengembangbiakkannya.
 
Peluang inilah yang dilirik Ridlo Arianto, seorang peternak burung kenari dan love bird di Pogung Lor, Sleman, DI Yoyakarta. Guna membekali para pehobi burung kenari, ia pun membuka sebuah sekolah khusus untuk memberikan pelatihan bagi warga yang ingin berbisnis burung kecil nan indah ini.
 
Di tempat ini, para peserta didik dilatih untuk membudidayakan kenari mulai dari mengawinkan hingga membesarkan anak-anak burung yang dihasilkan. Dari memberi makan, memisahkan dengan induk, dan sebagainya. Kebanyakan peminat adalah para pensiunan yang ingin mengisi waktu luang dengan kegiatan positif.
 
Menurut Ridlo, yang sudah 14 tahun membudidayakan burung kenari, permintaan burung jenis tersebut terus meningkat tajam sejak setahun terakhir. Sayang, produktivitas burung kenari dan love bird masih sangat rendah sehingga tidak semua permintaan bisa dipenuhi. Diharapkan dengan belajar di sekolah ini makin banyak pehobi yang bisa mengembangbiakkannya. (YUS)
 
 
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler