Sukses

Serangan di Nigeria Tewaskan Empat Orang

Sebuah kantor polisi dan sebuah bank diserang dengan tembakan membabi-buta, menyebabkan sedikitnya empat orang tewas.

Liputan6.com, Kano: Sebuah kantor polisi dan bank diserang tembakan membabi-buta. Selain itu, ledakan juga terdengar pada insiden yang terjadi kemarin. Dilansir Reuters, Sabtu (31/3), serangan menyebabkan sedikitnya empat orang tewas.

"Orang-orang bersenjata datang berbondong-bondong sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Mereka menyerang kantor polisi dengan senjata dan bahan peledak. Sementara mereka menyerang kantor polisi, kelompok lain menyerang bank yang letaknya agak jauh," ungkap salah seorang saksi.

Peyerang diperkirakan berasal dari kelompok Islam, Boko Haram. Mereka menembak dua orang di salah satu bank di Kota Askira. Mereka juga menyerang kantor polisi setempat, menembak seorang polisi dan warga sipil.

Beberapa insiden di Nigeria memang dikaitkan dengan Boko Haram, terutama di bagian utara negara Afrika yang paling padat penduduk. Kelompok ini dikenal menentang hukum buatan manusia.

Boko Haram didirikan Muhammad Yusuf  pada 2001 atau 2002. Kelompok militan itu berusaha menghapuskan sistem sekuler  pemerintah di negara itu.

Kelompok Boko Haram pertama kali dikenal secara internasional karena adanya kekerasan sektarian di Nigeria pada 2009. Hingga kini, kelompok itu tak memiliki struktur jelas atau rantai komando. Selain itu, masih menjadi bahan perdebatan apakah Boko Haram terkait gerakan militan lain di luar Nigeria atau tidak.(news24/Wikipedia/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini