Sukses

Polisi Jakarta Siapkan Pengalihan Arus Lalin

Diperkirakan, ribuan demonstran akan melakukan aksinya di beberapa lokasi objek vital di Ibu Kota. Jika eskalasi meningkat, arus lalin daerah DPR/MPR, Istana Negara, Bundaran HI, Tugu Tani, LBH bakal dialihkan.

Liputan6.com, Jakarta: Aksi unjuk rasa menolak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi masih digelar di wilayah Ibu Kota Jakarta, Jumat (30/3) ini. Diperkirakan, ribuan demonstran akan melakukan aksinya di beberapa lokasi objek vital seperti Gedung DPR/MPR, Istana Negara, dan Bundaran Hotel Indonesia.

Demi mengantisipasi kemacetan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa arus lalu lintas (lalin) di sejumlah wilayah di Jakarta. Perubahan arus lalu lintas ini bakal diberlakukan jika terjadi peningkatan konsentrasi massa pengunjuk rasa.

Untuk wilayah Istana Negara, arus lalu lintas dari arah Harmoni melalui Jalan Hayam Wuruk menuju Istana akan dialihkan melalui Jl. Suryo Pranoto, Cideng, Tanabang atau Jalan Ir. H. Juanda dan Jalan Veteran atau Jalan Kathedral.

Dari arah Thamrin menuju Istana akan dialihkan melalui Jalan K.H. Wahid Hasyim atau Jalan Kebon Sirih, ke Jalan Cideng Barat, dan Jalan Suryo Pranoto. Dari Jalan Kebon Sirih (Merdeka Selatan), ke Jalan M. Ridwan Rais, Jalan Medan Merdeka Timur, dan Jalan Perwira. Rute lainnya adalah Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Tanah Abang Timur, dan Jalan Abdul Muis.

Menuju DPR/MPR RI, arus lalu lintas ke arah Semanggi akan dialihkan ke Jalan Gerbang Pemuda, Jalan Gelora, Jalan Gelora 1 atau Jalan Palmerah Utara. Dari arah Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Jenderal Sudirman akan melalui Jalan Asia Afrika atau Jalan Pintu 1 Senayan, ke Jalan Asia Afrika, Jalan Gelora, dan Jalan Gelora 1 atau Jalan Palmerah Utara. Ruas arah Jalan S. Parman dialihkan ke Jalan Pejompongan ke Jalan Penjernihan atau Jalan Gelora 1.

Di kawasan Tugu Tani, arus lalu lintas dari arah Jalan MMT dialihkan ke Jalan Pejambon atau Jalan Batu (PLN Gambir). Dari arah Jalan Cikini Raya diarahkan melalui TL Kali Pasir ke kiri. Dan dari arah Jalan Kramat Raya diarahkan melalui Jalan Senen Raya.

Untuk yang bakal melintasi Bundaran Hotel Indonesia, arus lalu lintas dari arah Jl. Jend. Sudirman melalui Jalan Teluk Betung, Jalan Kebon Kacang atau Dukuh Atas, dan Jalan Kendal. Ruas arah Jalan Jenderal Sudirman dialihkan ke Dukuh Atas, Tanah Abang, dan Jalan Galunggung.

Di kawasan Kantor Pertamina Pusat, dari arah Jalan Medan Merdeka Timur akan dilakukan penutupan di simpang Stasiun Gambir dan diarahkan ke Jalan Pejambon. Sementara dari arah Jalan Medan Merdeka Utara diarahkan ke Jalan Veteran.

Arus lalu lintas di daerah dekat Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, tepatnya di Jalan Proklamasi akan mengarah ke LBH/Rumah Sakit Cipto Mangukusumo di TL Megaria ke arah Jalan Diponegoro. Dari arah Jalan Pegangsaan yang akan mengarah ke LBH/RSCM dialihkan juga ke TL Megaria, Jalan Proklamasi, Jalan Matraman, Jalan Kramat Raya atau Jalan Pramuka.(EPN/TMCMetro)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini