Sukses

Rapim DPR Bahas Skenario Kenaikan Harga BBM

Rencana kenaikan harga BBM masih menunggu hasil Sidang Paripurna DPR, Jumat (30/3). Kini para pimpinan DPR melakukan rapat-rapat untuk membahas skenario menjelang Sidang Paripurna esok hari.

Liputan6.com, Jakarta: Rapim DPR yang akan membicarakan skenario voting dalam Sidang Paripurna, Jumat (30/3) esok mengagendakan pengesahan RAPBNP 2012 menjadi APBNP. Dalam pembahasan tersebut juga akan dibahas soal besaran subsidi BBM yang akan menjadi titik pangkal naik atau tidaknya harga BBM bersubsidi.

Tiga fraksi dari PDI Perjuangan, Hanura, dan Gerindra dengan tegas menolak rencana kenaikan BBM. Wakil Ketua DPR RI, Pramono Anung mengatakan pihaknya akan berupaya keras agar BBM tidak naik. Pramono memperkirakan dalam Sidang Paripurna pun akan terjadi tarik ulur yang alot.

Partai koalisi yang mendukung pemerintah seperti PKS dan Golkar masih belum tegas membuat keputusan. Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaq mengatakan bahwa keputusan PKS akan melihat kondisi terakhir dan meminta kepada pemerintah agar lebih mendengarkan hati nurani rakyat untuk membuat keputusan.

Sementara Wakil Ketua DPR dari Partai Golkar, Priyo Budi Santoso mengatakan pihaknya tak akan ikut-ikutan seperti PKS atau sekadar menginduk pada partai penguasa. Sikap pastinya akan dilihat detik-detik terakhir karena Golkar tak mau gegabah dalam menentukan keputusan mengingat banyak anggota dari Partai Golkar yang sesungguhnya tak sepakat dengan opsi kenaikan harga BBM.

Kenaikan harga BBM akan membawa implikasi terhadap sektor lain, seperti naiknya berbagai kebutuhan bahan pokok dan transportasi. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.