Sukses

Politisi Islam Dominasi Panel Konstitusi Mesir

Politisi Islam Mesir telah memenangkan sebagian besar panel yang akan menyusun draft konstitusi baru dalam pemilihan anggota komite, Ahad kemarin.

Liputan6.com, Kairo: Politisi Islam Mesir telah memenangkan sebagian besar panel yang akan menyusun draft konstitusi baru. Kemenangan ini diumumkan setelah digelarnya pemilihan anggota komite oleh parlemen sementara Mesir, Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata, pada Ahad (25/3) waktu setempat.
 
Menurut laporan NHK, komite ini terdiri dari 50 anggota DPRD dan 50 akademisi. Sejauh ini, politisi Islam mencapai sekitar 70 persen dari keseluruhan anggota, yang mencerminkan dominasi mereka dari parlemen.
 
Para politisi liberal yang jumlahnya lebih sedikit berpendapat konstitusi baru tampaknya hanya akan mengekspresikan pendapat dari kelompok Islam saja. Rancangan konstitusi baru rencananya disusun dan dimasukkan ke referendum sebelum pemilihan Presiden, yang dijadwalkan akhir Mei.(JAY/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.