Sukses

Gempa 7,2 SR Guncang Cile

Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter mengguncang kawasan lepas pantai Maule, Cile, Ahad (25/3) pukul 22.37 waktu setempat.

Liputan6.com, Santiago: Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter (SR) mengguncang kawasan lepas pantai Maule, Cile, Ahad (25/3) pukul 22.37 waktu setempat. Seperti diwartakan Xinhua, pemerintah Cile juga sudah memerintahkan evakuasi penduduk dari kawasan dataran rendah tersebut.

Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), pusat gempa yang memiliki kedalaman 10 kilometer itu tercatat berada di 35,1160 derajat Lintang Selatan dan 72,6580 derajat Bujur Barat. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) juga sempat mengeluarkan peringatan tsunami Pasifik secara meluas.

Namun, PTWC menarik peringatan itu dan mengatakan gempa sebesar ini kemungkinan bisa menghasilkan tsunami lokal yang dapat menghancurkan kawasan di sepanjang pantai yang terletak dalam jarak seratus kilometer dari pusat gempa. PTWC menyarankan pemerintah daerah untuk mengambil tindakan pencegahan.(JAY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini