Sukses

Mobil Ambulans Sekaligus Pemadam Kebakaran Diluncurkan

<i>Fire Fighting Ambulance Zero Zero One</i> atau ambulans pemadam kebakaran 001 diluncurkan di Jepang. Dalam kebakaran, mobil itu bisa berguna untuk memadamkam api sekaligus menolong korban.

Liputan6.com, Tokyo: Keterlambatan kedatangan mobil pemadam kebakaran dan ambulans dalam peristiwa kebakaran kini bisa diatasi dengan Fire Fighting Ambulance Zero Zero One atau ambulans pemadam kebakaran 001. Mobil buatan Morita, perusahaan produsen truk pemadam kebakaran Jepang, itu diluncurkan di Tokyo, Senin (22/7).

Mobil ambulans berwarna putih merah ini dilengkapi dengan selang air yang bisa digunakan untuk memadamkan api. Di bagian dalam ambulans, terdapat kompartemen Pertolongan Pertama pada Kecelakaan, yang menyediakan pertolongan pertama pada korban kebakaran lengkap dengan tempat tidur pasien. Bentuk mobil yang tidak sebesar truk pemadam kebakaran juga memudahkan untuk mendekati lokasi.

Dalam banyak peristiwa kebakaran, api yang kian membesar bisa mengakibatkan jatuh korban jiwa jika mobil terlambat datang. Jalan yang sempit dan keramaian khalayak di sekitar area kebakaran juga menyulitkan mobil pemadam berukuran besar mendekati lokasi. Sedangkan keterlambatan ambulans berdampak pada tidak tertanganinya korban yang seharusnya bisa diselamatkan. Keterlambatan tim penolong tidak masalah jika kebakaran tidak menimbulkan korban jiwa. Perbedaan waktu beberapa detik bisa berakibat fatal, korban terluka menjadi tidak terselamatkan.(COK/Idr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.