Sukses

Puluhan Rumah Warga Disapu Puting Beliung

Sedikitnya 74 rumah warga di Kabupaten Kolaka, Sultra, roboh diterjang angin puting beliung. Alhasil, ratusan orang kehilangan tempat tinggal dan harus mengungsi.

Liputan6.com, Kolaka: Angin kencang disertai hujan lebat terus melanda Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, sejak sepekan silam. Pada Kamis (21/3) pagi, angin puting beliung melanda puluhan rumah warga di lima kecamatan. Kelima kecamatan tersebut yang dicatat Dinas Sosial Kabupaten Kolaka yakni Kecamatan Pomalaa, Wolo, Wundulako, Mowewe, dan Lambandia.

Berdasarkan data yang didapat, hingga kini ada sekitar 74 rumah warga yang terdata, rusak karena bencana angin puting beliung. Dari kelima kecamatan tersebut, Kecamatan Pomalaa adalah yang terparah usai dilanda puting beliung lantaran letaknya yang berada di pesisir pantai. Di situ, hampir seluruh rumah warga luluh lantak dan rata dengan tanah akibat diterjang angin.

Menurut warga setempat, bencana angin puting beliung yang melanda daerah itu baru kali pertama terjadi. Warga sempat panik lantaran angin kencang disertai hujan deras sempat memadamkan aliran listrik di rumah-rumah mereka. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Karena saat kejadian, warga sedang beraktivitas di pagi hari dan yang lainnya langsung keluar rumah agar tidak tertimpa reruntuhan bangunan rumah.

Sejauh ini, pemerintah kelurahan setempat telah mendata para korban sambil menunggu bantuan dari Pemkab setempat. Sementara, warga korban bencana terpaksa harus mengungsi ke rumah-rumah tetangga dan beberapa di antaranya terlihat mulai menata kembali puing-puing bangunan rumah yang hancur. Akibat kejadian ini, kerugian yang dialami warga ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.(BJK/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini