Sukses

Dua Calon Rektor UGM Tersingkir

Dalam proses pemilihan ini dua calon rektor kembali tersingkir karena kalah suara dalam pemilihan tahap 2 di balai senat kampus setempat, Selasa (20/3). Mereka adalah Djagal Wiseno Marseno dan Suryo Hapsoro.

Liputan6.com, Sleman: Senat akademik dan Majelis Wali Amanah Universitas Gadjah Mada Bulaksumur, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta tetap meneruskan proses pemilihan rektor UGM periode 2012-2017. Bergemingnya sikap mereka menyusul ditolaknya gugatan perwakilan dosen dan alumni terkait persyaratan calon rektor oleh Pengadilan Tata Usaha Negara setempat.

Dalam proses pemilihan ini dua calon rektor kembali tersingkir karena kalah suara dalam pemilihan tahap 2 di balai senat kampus setempat, Selasa (20/3). Mereka adalah Djagal Wiseno Marseno dan Suryo Hapsoro. Sedangkan Praktikno mendapatkan suara paling banyak yaitu 172 suara. Disusul dua calon lain yakni Marsudi Triatmojo dengan 107 suara dan Danang Parikesit dengan 83 suara.

Sesuai aturan dalam tahap 2 ini memang akan dipilih tiga calon dari lima calon rektor yang ada. Mereka akan memerebutkan kesempatan bersaing di tahap terakhir pada Kamis mendatang.

Sama seperti sebelumnya sejumlah anggota senat akademik dan Majelis Wali Amanah memilih tak memberikan suara dalam pemilihan ini. Dari 79 anggota senat akademik, tiga orang diketahui tak ikut memilih. Sementara dari 250 anggota Majelis Wali Amanah, hanya sebanyak 194 orang yang ikut memberikan suara.

Hingga kini pemilihan rektor UGM periode 2012-2017 memang terus diwarnai kontroversi, terutama terkait aturan pembatasan usia calon rektor. Bahkan sejumlah perwakilan dosen dan alumni sudah mengajukan gugatan ke PTUN setempat terkait aturan itu, dengan tuntutan agar pemilihan rektor UGM periode 2012-2017 dibatalkan. Tapi gugatan ternyata ditolak sehingga proses pemilihan rektor UGM tetap dilanjutkan.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.