Sukses

Anggota KPK Gadungan Diciduk

Seorang otak KPK gadungan yang kerap beraksi di wilayah Kepulauan Riau ditangkap polisi. Pria berinisial JI itu ditangkap di rumah kos di Kuningan, Jaksel.

Liputan6.com, Jakarta: Aktor intelektual kelompok anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) gadungan ditahan Kepolisian Resor Kota Barelang, Polda Kepulauan Riau. Pria yang biasa melakukan modus kejahatannya di wilayah Riau tersebut diketahui berinisial JI.

JI dibekuk Rabu (14/3) malam di sebuah rumah kos di Jalan Tiong, Kuningan, Jakarta Selatan, melalui operasi kerjasama dengan Polda Metro Jaya. Dalam operasinya, polisi menemukan barang bukti berupa sejumlah kartu tanda pengenal (KTP) berlogo KPK yang dipalsukan dan surat panggilan pemeriksaan dengan kop surat berlogo KPK.

"Polresta Barelang bekerja sama dengan Subdit Resmob Polda Metro Jaya berhasil mengamankan seorang anggota KPK gadungan berinisial JI. Kami juga berkoordinasi dengan bagian pengawasan internal KPK untuk melakukan verifikasi atas barang bukti yang ditemukan," kata Kanit Jatanras Polresta Barelang, Iptu Chrisman Panjaitan saat jumpa pers di Gedung KPK, Kamis (15/3).

Pada kesempatan yang sama, Juru Bicara KPK Johan Budi juga memastikan orang yang ditangkap polisi tersebut tidak terdaftar sebagai anggota KPK. Johan menjamin, jaringan JI tidak memiliki hubungan dengan pihak internal di KPK. "Jadi Polresta Barelang melakukan verifikasi, benar atau tidak yang ditangkap itu pegawai KPK. Setelah diverifikasi ternyata bukan," kata Johan.(BJK/ULF)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini