Sukses

Santorum Menang di Dua Negara Bagian

Mantan senator Rick Santorum telah memenangkan pemilihan primer calon presiden dari Partai Republik di Alabama dan Mississippi.

Liputan6.com, Washington: Mantan senator Rick Santorum telah memenangkan pemilihan primer calon presiden dari Partai Republik di Alabama dan Mississippi. Kemenangan Santorum ini diyakini bisa mengejar pesaingnya yang berada di posisi teratas, yakni Mitt Romney.

Seperti dikutip NHK, Rabu (14/3), kedua negara bagian selatan itu menggelar pemilihan primer tersebut pada Selasa lalu, sementara di Hawaii juga dibarengi dengan pemilihan kaukus presiden.

Menurut laporan televisi ABC, Santorum yang seorang mantan senator konservatif dari Pennsylvania dinobatkan sebagai pemenang usai balapan ketat di dua negara bagian selatan itu. Lawan utamanya adalah seorang moderat yang mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney dan konservatif Newt Gingrich.

Romney kembali gagal untuk memperluas basis dukungannya di kalangan konservatif, meskipun ia sudah menikmati jumlah delegasi yang jauh lebih tinggi daripada Santorum. ABC juga mengatakan Romney diprediksikan menjadi pemenang dalam kaukus kepresidenan di Hawaii, yang akan memberinya tambahan delegasi. (JAY/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.