Sukses

Ahmadinejad Diadili Parlemen Iran

Presiden Iran Ahmadinejad dipanggil dewan parlemen Iran terkait kebijakan pemerintah yang selama ini ia lakukan

Liputan6.com, Teheran: Presiden Iran Ahmadinejad dipanggil dewan parlemen Iran terkait kebijakan pemerintah yang selama ini ia lakukan. Ia ditodong beberapa pertanyaan dari beberapa anggota parlemen karena diduga berpihak kepada Amerika Serikat. Pasalnya, sejak tahun 1979, Iran telah berevolusi untuk menentang AS.

Seperti yang dilansir NHK, Kamis (15/3), ini adalah yang pertama kalinya bagi seorang presiden Iran disidang oleh para parlemen. Selain itu, presiden keenam Iran itu juga diklaim tidak becus dalam menangani masalah ekonomi negara terkait dengan inflasi.

Anggota parlemen yang didominasi oleh kelompok garis keras konsevatif Ayatollah Ali Khamenei memang dikenal sebagai pihak oposisi Ahmadinejad. Selama pemerintahan Ahmadinejad, Khamenei kerap menentang presiden berusia 55 tahun itu. Hal ini lantaran, sang presiden telah membelokkan idealisme asli Iran yang menentang AS. Terlebih lagi, setelah kelompok Khamenei berhasil mendominasi pemilu parlemen pada 4 Maret lalu [baca: Oposisi Ahmadinejad Dominasi Parlemen Iran].

Sementara, Ahmadinejad sendiri membantah tuduhan tersebut. Menurutnya, ia tidak bermaksud menentang Khamenei, melainkan hanya mencoba menjalankan kebijakan pemerintah yang dinilai lebih baik untuk rakyat. (RZK/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini