Sukses

Ratusan Ayam Ikuti Kontes Ayam Ketawa

Sekitar 300 ekor ayam mengikuti kontes ayam ketawa di Desa Batu Karopa, Bulukumba, Sulsel. Biasanya ayam yang menang harga jualnya akan mencapai Rp 10-20 juta.

Liputan6.com, Bulukumba: Sekitar 300 ekor ayam mengikuti kontes ayam ketawa di Desa Batu Karopa, Bulukumba, Sulawesi Selatan, Rabu (14/3). Tidak hanya dari Bulukumba, ayam yang dilombakan berasal dari beberapa kabupaten lain.

Menurut panitia, ada beberapa penilaian yang dijadikan patokan mulai dari keindahan bulu. Namun yang paling utama adalah kerajinan dan keindahan bunyi kokok ayam itu sendiri.

Para peserta mengaku senang melihat ayamnya bertarung dengan jagoan lainnya. Mereka juga bangga apabila ayamnya mempunyai bunyi atau kokok yang unik dibanding peserta lainnya.

Menurut mereka untuk mendapatkan ayam dengan suara yang panjang, perlu perawatan khusus. Dengan kata lain perlu juga biaya yang tidak sedikit. Namun demi hobi, semua menjadi ringan.

Biasanya ayam yang menang harga jualnya akan mencapai Rp 10-20 juta. Dengan lomba itu diharapkan agar silaturahmi para pecinta ayam ketawa semakin erat dan para peserta bisa berbagi pengalaman tentang perawatan ayam ketawa.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.