Sukses

Ayam Bekisar Pulau Kangean Terancam Punah

Ayam bekisar asal Pulau Kangean, Sumenep, Madura, terancam punah. Warga tengah giat belajar teknik-teknik penangkaran untuk mempertahankan kualitas bekisar.

Liputan6.com, Sumenep: Ayam bekisar asal Pulau Kangean, Sumenep Madura, yang harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah sekarang ini terancam punah bersamaan dengan berubahnya kondisi alam setempat. Itulah sebabnya, baru-baru ini, warga kepulauan mulai belajar teknik-teknik penangkaran bekisar yang baik. Selama ini, ayam bekisar dari Kangean diakui banyak orang sebagai bekisar terbaik.

Keunggulan ayam bekisar Kangean manyangkut ragam bulu dan kemerduan suara. Selain kondisi alam, populasi berkurang juga disebabkan bekisar Kangean sudah banyak diambil orang-orang dari luar pulau. Namun sekarang mulai tumbuh kesadaran baru mengembangbiakkan ayam bekisar dengan cara ternak silang. Caranya dengan mengeramkan telur bekisar pada ayam betina kampung dan dipisah saat telur menetas. Pola ini akan membantu populasi ayam bekisar bertambah lebih cepat.

Kegemaran orang terhadap ayam bekisar, selain untuk dipelihara di rumah-rumah juga untuk diikutkan dalam lomba kemerduan suara bekisar. Dalam lomba ini yang dinilai adalah keranya, lengkingan serta kemerduan, penampilan pisik menyakut keindahan bulu serta bentuk tubuh secara utuh. Bagi bekisar yang juara, harganya pun bisa langsung melonjak hingga mencapai ratusan juta rupiah. Bahkan, nama perternak pun bisa ikut terangkat karena diburu penggemar ayam bekisar. Apalagi, jika hasil pernangakarannya sering menjadi juara.(DEN/Mohammad Khodim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini