Sukses

Golkar Unggul di Survei

Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebutkan jika pemilihan anggota DPR dilakukan sekarang, Partai Golongan Karya (Golkar) menempati urutan teratas yang dipilih responden. PDIP, Demokrat dan NasDem berada di bawahnya.

Liputan6.com, Jakarta: Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebutkan jika pemilihan anggota DPR dilakukan sekarang, Partai Golongan Karya (Golkar) menempati urutan teratas yang dipilih responden. Sementara, Partai NasDem secara mengejutkan naik drastis.

"Demokrat belum menunjukkan pemulihan, angkanya tetap cukup jauh dari hasil Pemilu 2009 lalu. Sedangkan PDIP relatif stabil dibanding hasil Pemilu 2009. Sementara Golkar tertinggi dukungannya, dan yang mengejutkan lagi NasDem naik menyamai posisi partai menengah," ucap Direktur Eksekutif LSI Kuskridho Ambardi di Kantor LSI, Jakarta, Minggu (11/3).

Ambardi menjelaskan hasil survei juga menunjukkan dukungan terhadap Golkar sebesar 17,7 persen, diikuti PDIP dengan 13,6 persen, Demokrat 13,4 persen, dan NasDem 5,9 persen. "Jika dihitung secara pesimis dengan minus margin of error 2 persen, NasDem setidaknya sudah mendapat 3,9 persen. Tapi kalau NasDem optimis, NasDem sekarang sudah mendapat dukungan 7,9 persen," ujarnya.

Ambardi menambahkan, jika melihat pengalaman Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang maju pesat sejak Pemilu 2004, Demokrat masih mendapat tiga persen sedangkan PKS empat persen. Namun juga NasDem sudah mencapai angka lebih baik ketika Pemilu 2014 masih sekitar 2 tahun lagi.

"Setidaknya NasDem sudah berada di partai papan tengah, padahal pengesahan dari KPU terhadap partai ini belum dilakukan," ujar Dosen Komunikasi Pasca Sarjana UGM ini.

Pada kesempatan yang berbeda, Ketua Dewan Pakar Partai Nasdem Hary Tanoesoedibjo merasa optimistis tingkat elektabilitas partainya di 2012 meningkat tajam. Bahkan sejajar dengan tiga partai besar tersebut.

"Saya yakin elektabilitas Partai NasDem dapat mencapai di atas 10 persen akhir tahun 2012, sejajar dengan ketiga partai besar lainnya. Ini membuktikan memang masyarakat menginginkan perubahan sesuai dengan misi Partai NasDem," ujar Hary Tanoe kepada Liputan6.com.(ADI/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini