Sukses

Presiden Cina Ucapkan Selamat kepada Putin

Tak mau kalah dengan Chavez, Presiden Cina Hu Jintao juga mengucapkan selamat atas kemenangan Putin dalam pemilihan presiden Rusia.

Liputan6.com, Beijing: Menyusul kemenangan Putin dalam pemilihan presiden Rusia, sejumlah pemimpin negara-negara di dunia menyambutnya dengan ucapan selamat. Presiden Venezuela Hugo Chavez menyambut kemenangan Putin dan berikrar untuk memperdalam hubungan "strategis" antara kedua negara [baca: Chavez Sambut Kemenangan Putin]

Tak mau kalah dengan Chavez, seperti yang dilansir dalam straitstimes, Senin (5/3), Presiden Cina Hu Jintao juga mengucapkan selamat atas kemenangan perdana menteri Rusia itu. Hal tersebut diutarakan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina Liu Weimin pada saat rapat umum.

"Pukul 3 sore, Presiden Hu Jintao mengirim pesan ucapan selamat kepada Putin," kata Liu Weimin. "Cina menghormati pilihan rakyat Rusia. Kami percaya bahwa Rusia akan mempertahankan stabilitas sosial dan politik dan pembangunan ekonomi serta memainkan peran lebih besar dalam urusan internasional," tambah Weimin.

Sementara itu, kantor berita Xinhua memberitakan, kemenangan Putin akan lebih meningkatkan hubungan yang sudah kuat antara Cina sebagai konsumen energi terbesar di dunia dan Rusia sebagai produsen energi terbesar di dunia.

Vladimir Putin kembali berhasil memenangkan Presiden Rusia setelah sebelumnya menjabat sebagai Presiden Rusia dari tahun 2000-2008. Kemudian, dari tahun 2008-sekarang, ia menjabat sebagai perdana menteri. Ia baru saja memenangkan pemilu presiden dengan peroleh suara sebanyak 64 persen.(ULF)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.