Sukses

Puluhan Penyelundup Artefak Kuno Dicokok

Polisi Yunani menangkap 44 orang yang diduga menyelundupkan artefak kuno di luar negeri dan menyita ribuan koin kuno dan harta karun lain.

Liputan6.com, Athena: Polisi Yunani menangkap 44 orang yang diduga menyelundupkan artefak kuno di luar negeri dan menyita ribuan koin kuno dan harta karun lain. Demikian pernyataan Kepolisian Yunani, Ahad (4/3).

Seorang pria berusia 66 tahun, yang dicurigai sebagai pemimpin rantai penyelundupan tersebut, ditangkap bersama 43 orang lain. Mereka umumnya berumur antara 25 dan 74 tahun, termasuk pensiunan dan para pekerja kota.

Petugas juga menyita lebih dari 8.000 koin serta perhiasan, patung perunggu dan ikon kayu. Semua berasal dari abad VI Sebelum Masehi sampai dengan periode Byzantium.

Penangkapan dan penyitaan itu berlangsung di sejumlah lokasi di seluruh bagian utara dan tengah Yunani pada Sabtu dan Ahad dilam. Artefak tersebut telah digali selama eksplorasi arkeologi ilegal, terutama di wilayah Macedonia dan Thessaly. Selanjutnya, petugas mengidentifikasi barang yang sudah dijual ke luar negeri.

Yunani, negeri yang kaya akan harta karun kuno, telah mengalami peningkatan kejahatan sementara ekonominya, yang dibebani utang, telah menyusut 16 persen sejak masa puncak pada 2008. Hal tersebut menimbulkan angka pengangguran kaum muda di bawah 50 persen.

Pencuri bersenjata menjarah museum bulan lalu di Olympia, Yunani, tempat kelahiran Olimpiade. Mereka mencuri artefak perunggu dan tembikar beberapa pekan setelah Galeri Nasional negara itu juga dirampok [baca: Museum di Yunani Dijarah].(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.