Sukses

Oposisi Ahmadinejad Dominasi Parlemen Iran

Pemilu parlemen Iran yang dilaksanakan Jumat kemarin nampaknya menjadi sebuah ujian bagi Presiden Ahmadinejad. Pasalnya, kelompok garis keras--oposisi yang dipimpin oleh Ayatollah Ali Khamenei memenangi pemilihan tersebut.

Liputan6.com, Teheran: Pemilu parlemen Iran yang dilaksanakan Jumat kemarin nampaknya menjadi sebuah ujian bagi Presiden Ahmadinejad. Pasalnya, kelompok garis keras--oposisi yang dipimpin oleh Ayatollah Ali Khamenei memenangi pemilihan tersebut. Demikian yang dilansir NHK, Ahad (4/3).

Media Iran IRIB mengumumkan 150 dari 290 kursi yang diperebutkan pada pemilu parlemen tersebut. Dari 150, kelompok garis keras berhasil menduduki 110 kursi. Sedangkan, kelompok pendukung Ahmadinejad hanya memperoleh 10 kursi. Bahkan, adik presiden Iran itu juga gagal mendapatkan kursi Dewan. Hasil pemilu Iran ini akan menjadi penentu pada pemilihan presiden tahun 2013 di mana kemungkinan Ahmadinejad akan sulit untuk mempertahankan jabatan presiden untuk ketiga kalinya.

Kementerian Dalam Negeri menyatakan bahwa pemilu telah berjalan lancar dengan jumlah pemilih diperkirakan sekitar 64 persen. Selama ini, kelompok garis keras selalu menentang Ahmadinejad terkait kebijakan nuklir. Kelompok konservatif ini tidak mau ambil kompromi dengan negara Barat.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.