Sukses

Tak Lolos Uji Emisi, Siswa Perakit Esemka Kecewa

Hasil uji emisi mobil Esemka membuat siswa SMK 2 Solo, Jawa Tengah, kecewa. Upaya berbulan-bulan untuk merakit Esemka nyatanya tak berbuah manis.

Liputan6.com, Solo: Hasil uji emisi mobil Esemka membuat siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) 2 Solo, Jawa Tengah, Jumat (2/3), kecewa. Upaya berbulan-bulan untuk merakit Esemka nyatanya tak berbuah manis, setelah Dirjen Perhubungan Darat memutuskan Esemka tak memenuhi standar pemerintah Indonesia.

Delapan siswa yang ikut proses perakitan hingga uji emisi telah kembali bersekolah seperti biasa. Mereka tidak lagi datang ke Solo Techno Park untuk belajar merakit mobil. Padahal, banyak pihak yang mengaku puas setelah mengendarai mobil tersebut. Namun hal itu tak cukup untuk meloloskan standar mobil buatan mereka.

Ilham Fahrudin, misalnya. Meski mengaku kaget, ia hanya bisa pasrah atas hasil uji tersebut. Kini, Ilham bersama ketujuh tekannya yang lain kembali bersekolah untuk kembali belajar merakit mobil yang lebih baik hingga dapat lulus uji emisi.

Kepala Sekolah SMK 2 Solo Susanto menyatakan, hal tersebut justru menjadi tantangan bagi sekolah dan para siswanya. Hal ini menjadi pemacu untuk lebih meningkatkan kualitas produksi, sehingga mampu melalui uji emisi sesuai standar pemerintah.

Para siswa pun berharap, agar pemerintah turun tangan membantu mengatasi penyebab tidak lolosnya mobil buatan mereka, terutama terkait gas buang dan pencahayaan lampu.(APY/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini