Sukses

Investasi Daerah dan Pusat Belanja Medan Bergairah

Investasi ekonomi dan bisnis di Medan, Sumut, pada 2002-2003 mencapai Rp 1 triliun. Kebanyakan pemodal menanamkan duitnya untuk pembangunan pusat belanja dan perdagangan.

Liputan6.com, Medan: Kegiatan ekonomi dan bisnis Kota Medan, Sumatra Utara, era 2002-2003 meningkat. Para investor mulai bergairah menanamkan modalnya di berbagai sektor. Pada periode tersebut Pemerintah Daerah Sumut sudah menyetujui penanaman investasi senilai Rp 1 triliun. Keterangan tersebut diungkapkan Gubernur Sumut Tengku Rizal Nurdin pada pencanangan pembangunan Sun Plaza di Medan, Senin (15/7).

Menurut Rizal, sebagian besar modal ditanamkan dalam bentuk pembangunan pusat perbelanjaan dan perdagangan di pusat Kota Medan. Sebut saja, investasi pembangunan Sun Plaza senilai Rp 500 miliar tersebut. Gubenur berharap keberadaan pusat belanja itu mampu meredam minat masyarakat Medan belanja ke luar negeri. Penyerapan tenaga kerja juga meningkat dan bakal menggairahkan kembali dunia pariwisata.

Rizal juga berharap situasi Sumut yang kondusif mampu menarik minat investor lain untuk menanamkan modalnya. Sementara itu, Surya Paloh, seorang dewan direksi, mengatakan, Sun Plaza dibangun di areal seluas tiga hektare berlantai enam. Pusat belanja ini dilengkapi berbagai fasilitas modern. Nantinya Sun Plaza yang pembangunannya direncanakan makan waktu 18 bulan ini akan menjadi pusat belanja terbesar dan termodern di Indonesia.(TNA/Chaerul Dharma dan Cuk Arbianto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.