Sukses

Ketinggian Air Waduk Gajah Mungkur Meningkat

Akibat curah hujan tinggi yang melanda wilayah Wonogiri, Jateng, ketinggian air Waduk Gajah Mungkur meningkat. Untuk mencegah jebolnya waduk lantaran debit air terus meningkat, pintu pembuangan air dibuka.

Liputan6.com, Wonogiri: Bagi warga yang berada di wilayah hilir bantaran Sungai Bengawan Solo diimbau waspada. Pasalnya, curah hujan tinggi tengah melanda wilayah Wonogiri sehingga ketinggian air di Waduk Gajah Mungkur meningkat. Alhasil, pihak Jasa Tirta, Jumat (24/2), membuka dua dari empat pintu air pembuangan utama atau spill way Waduk Gajah Mungkur di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Pembukaan pintu air tersebut sudah dilakukan sejak Selasa lalu lantaran saat itu kondisi ketinggian air di Waduk Gajah Mungkur memasuki fase siaga hijau. Dari pantauan alat pengukur ketinggian air di pintu pengatur Waduk Gajah Mungkur, ketinggian air waduk mencapai 135,67 meter. Padahal dalam kondisi normal, elevasi air waduk berada pada ketinggian 135,30 meter. Untuk mengurangi batas aman waduk pun pihak pengelola harus melakukan pelepasan air.
 
Peningkatan elevasi air selain karena curah hujan tinggi di sekitar waduk, juga kiriman dari sungai hulu di sekitar waduk. Pihak Jasa Tirta meminta warga yang tinggal di sepanjang bantaran Sungai Bengawan Solo di antaranya wilayah Solo, Sragen, Ngawi, dan Bojonegoro untuk selalu waspada banjir. Hal ini karena curah hujan diperkirakan masih tinggi hingga Maret mendatang.(BJK/IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini