Sukses

LSI: Setengah Pemilih Belum Ada Pilihan

Hasil survei LSI menunjukkan separuh responden belum menentukan pilihan partai politiknya.

Liputan6.com, Jakarta: Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan separuh responden belum menentukan pilihan. "Hanya 49 persen responden yang menyatakan bahwa mereka sudah mantap untuk memilih partai tertentu jika pemilu diadakan hari ini. Artinya masyarakat menunggu partai politik untuk meyakinkan rakyat dengan perbaikan kinerja," kata peneliti senior LSI Burhanuddin Muhtadi di Jakarta, Ahad (19/2).

Burhanuddin mengatakan bahwa hasil tersebut juga mengindikasikan bahwa sebagian partai yang sudah melakukan sosialisasi (iklan di media dan berbagai atribut) dalam dua tahun terakhir nampaknya belum banyak meyakinkan sebagian besar calon pemilih.

Indikasi lain dari ketidakyakinan pemilih terhadap partai politik adalah tidak terserapnya penurunan dukungan dari Partai Demokrat untuk partai politik lain. Dalam survei tersebut, Demokrat yang mendapat 21 persen suara pada pemilu 2009 hanya memperoleh dukungan 13,7 persen.

"Penurunan tersebut tidak diikuti dengan kenaikan jumlah dukungan untuk partai lain. Pilihan untuk Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan lain-lain tidak jauh berbeda dengan hasil pemilu 2009," kata Burhanuddin.

"Orang-orang yang belum menentukan pilihan inilah yang harus diyakinkan oleh partai-partai politik untuk mendulang suara di pemilu 2014 nanti," kata Burhanuddin.

Burhanuddin mengatakan bahwa selama sistem dinastokrasi (pemilihan pemimpin berdasar kedekatan dan keturunan tokoh tertentu) yang banyak diterapkan partai Indonesia belum diganti dengan sistem meritokrasi (pemilihan pemimpin berdasar pada kemampuan), maka akan semakin besar kecenderungan masyarakat untuk tidak menentukan pilihan.(Ant/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.