Sukses

Dukungan pada Demokrat Semakin Menurun

Data LSI di bulan Februari menunjukkan, dukungan suara untuk Partai Demokrat menurun dan berada di bawah Partai Golkar.

Liputan6.com, Jakarta: Data Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 1-12 Februari 2012 menunjukkan, dukungan suara untuk Partai Demokrat menurun sejak Pemilu 2009, dari 21 persen menjadi 13,7 persen.
 
Penurunan diakibatkan banyaknya kasus korupsi yang diduga melibatkan anggota partai. Dukungan masyarakat cenderung bergeser dari Demokrat menuju Partai Golkar, meskipun jumlahnya tidak terlalu signifikan.
 
"Apabila dilakukan pemilihan saat ini, maka dukungan paling banyak untuk Golkar yaitu 15,5 persen, dibandingkan dengan Demokrat yang menempati urutan kedua pada 13,7 persen," ujar Peneliti LSI Burhanuddin Muhtadi dalam jumpa pers di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad (19/2).
 
Demokrat masih bertahan di atas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Partai yang dipimpin Megawati Sukarnoputri itu berada di tempat ketiga dengan perolehan 13,6 persen.
 
Sementara partai menengah lainnya seperti Gerindra, PPP, PKB, Hanura, PAN dan PKS, tidak menunjukkan persaingan signifikan, dengan kisaran dukungan hanya sekitar lima persen.
 
Hasil survei LSI menunjukkan Gerindra dan PPP sama-sama mendapat dukungan 4,9 persen, PKB 4,6 persen, PAN 4,1 persen dan, PKS 3, 7 persen, dan Hanura 1,2 persen. Kelompok orang yang belum tahu akan memilih partai apa terhitung sebanyak 28,9 persen. "Masyarakat sekarang sudah lebih cerdas. Tak hanya bicara kebutuhan sembako, tetapi sudah tahu apa itu korupsi," imbuhnya.(WIL/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.