Sukses

Korut Akan Terus Kembangkan Nuklir

Dalam perayaan 70 tahun kelahiran mantan pemimpin Korea Utara Kim Jong-il, pemimpin baru Korut Kim Jong-un menyatakan bahwa pemerintah akan terus mengembangkan nuklir.

Liputan6.com, Pyongyang: Pemimpin baru Korea Utara Kim Jong-un menyatakan bahwa pemerintahnya akan terus mengembangkan nuklir. Ini dinyatakan saat perayaan 70 tahun kelahiran mantan pemimpin Korut Kim Jong-il [baca: Korut Rayakan Hari Kelahiran Kim Jong-il] 

Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan stabilitas kawasan Asia. Sepeninggalannya ayahnya, Jong-il, Jong-un telah memperkuat militer negara dengan baik. Demikian yang dilansir dalam NHK, Sabtu (18/2). 
 
Kantor berita milik Korut menyatakan, pengembangan nuklir ini telah memicu kekhawatiran Amerika Serikat. Pasalnya, dengan adanya nuklir Korut secara tidak langsung negara komunis tersebut akan menjadi kekuatan besar di wilayah Asia Timur Laut, bahkan di dunia. 
 
Rencananya, Korut dan AS dijadwalkan akan kembali mengadakan perundingan langsung mengenai program nuklir di Beijing Kamis pekan depan. Ini akan menjadi dialog pertama pascakematian Kim Jong-il. 
 
Menurut sumber, AS berencana menekan Korut dengan menghentikan kegiatan pengayaan uranium. Penghentian uranium tersebut akan dijadikan AS sebagai prasyarat untuk melanjutkan perundingan enam negara terkait program nuklir.(IAN/NHK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini