Sukses

Saat Perayaan Kim Jong-il, Pembelot Korut Protes

Di hari perayaan 70 tahun kelahiran mantan pemimpin Korea Utara Kim Jong-il, sekelompok pembelot negara komunis tersebut melancarkan protes di Korea Selatan.

Liputan6.com, Seoul: Di hari perayaan 70 tahun kelahiran mantan pemimpin Korea Utara Kim Jong-il, sekelompok pembelot negara komunis tersebut melancarkan protes di Korea Selatan. Mereka membawa selebaran yang berisi kritikan terhadap sang pemimpin  [baca: Korut Rayakan Hari Kelahiran Kim Jong-il]

Selain itu, sejumlah balon yang membawa sekitar 70 ribu pamflet dan 1.000 selebaran berisi protes juga diterbangkan ke arah Korut sebagai pelampiasan rasa tidak puas mereka sewaktu tinggal di negara tersebut. Demikian yang dilansir NHK, Kamis (16/2).

Sekitar 30 pembelot berkumpul di wilayah dekat perbatasan militer antara Korut dan Korsel, Imjingak. Mereka meneriakkan slogan-slogan yang mendesak Korut untuk menghentikan kekuasaan dinasti Kim Il Sung. Pasalnya, selama ini pemimpin Korut diberikan secara turun temurun dalam satu keluarga.

Pemimpin aksi Park Sang-hak mengatakan, pemimpin Korut Kim Jong Un akan terus menjalankan tradisi kekuasaan keluarganya. Mereka akan melakukan sejumlah tekanan terhadap Korsel terkait uang dan pangan dengan menggunakan kekuatan nuklirnya.

Tak hanya itu, kelompok ini juga berencana mengirim selebaran serupa pada tanggal 15 April mendatang, bertepatan dengan peringatan 100 tahun kelahiran Kim Il Sung.

Imjingak dikenal sebagai daerah perbatasan yang dipadati oleh para pembelot. Saat sejumlah wilayah di Korut merayakan kelahiran Kim Jong-il, di daerah ini, sama sekali tidak ada perayaan tersebut.(NHK/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini